Pertandingan Ikonik Maradona


Sebagai penggemar fanatik bola, jika bisa memutar kembali waktu, saya ingin menyaksikan dan merasakan atmosfer dua pertandingan sepak bola yang paling diingat sepanjang masa.

Kedua laga tersebut adalah perempat final Piala Dunia Meksiko 1986 antara Argentina berhadapan dengan Inggris, dan laga kedua adalah semifinal Piala Dunia Italia 1990. Protagonista utama dari kedua laga sejarah tersebut tak lain adalah Diego Armando Maradona, yang meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 silam.

Banyak yang menyakini pertandingan paling kontroversial dan paling dikenang. Laga yang menggambarkan dengan gamblang dua wajah Maradona yang kontradiktif. Licik sekaligus jenius.

Setelah berkali-kali menyaksikan dan mempelajari arsip sepak bola, dan testimoni para pakar sepak bola, secara subyektif saya menilai laga Argentina vs Inggris 1986 di Stadion Azteca merupakan keajaiban terdahsyat yang pernah terjadi di lapangan sepak bola. 

Laga sepanjang masa. Pertandingan antara Argentina melawan Inggris merupakan pertandingan terpanas dan tak mungkin terlupakan. Paling selalu dibicarakan, sehingga PD 1986 paling ikonik. Apalagi pertandingan ini dikaitkan dengan isu politik kedua negara yang bersitegang merebut Pulau Malvinas. 

Nilai keajaiban itu adalah dua gol Diego Maradona yang masih terus diperbincangkan dan didebat sampai saat ini. Gol pertama pada menit ke-51 menggunakan tangannya yang kemudian memberi julukan sendiri 'Gol Tangan Tuhan'. Bukan sekadar keberuntungan sebenarnya. Maradona dari tengah meliuk-liuk menerobos zona pertahanan rapat.

Gol kedua Maradona pada menit ke-56 yang oleh FIFA dan fans seluruh dunia didapuk sebagai gol terbaik sepanjang sejarah. Maradona melakukan slalom dari lapangan tengah dan melewati lima pemain Inggris dan Kiper Peter Shilton.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naik Kereta Api Surabaya ke Jogja

Mencermati Teori Werner Menski: Triangular Concept of Legal Pluralism

Perjalanan Seru dari Makassar ke Jogja