Skandal Gubernur Blago


Serial dokumenter Trial by Media yang tayang di saluran Netflix meninjau kembali enam perkara hukum yang terkenal dan kontroversial dalam tiap episodenya yang berdurasi sekitar satu jam.

Kita kemudian paham peliputan media Amerika Serikat dalam penanganan perkara hukum yang jauh lebih dalam sekaligus jauh lebih memusingkan karena kasus hukum menjadi berita sensasional yang laku dijual.

Dengan begitu sulit menarik kesimpulan apakah media memainkan peran besar membantu dalam proses menemukan keadilan, atau apakah justru menjadi alat efektif untuk mengangkangi hukum.

Salah satu serialnya berjudul Blago, nama akrab Rod Blagojevich, Gubernur Illinois periode 2003-2009.

Blagojevich, politisi dari Partai Demokrat ditangkap dan diadili berdasarkan banyak kejahatan yang dituduhkan dalam pengaduan masa gubernurannya, seperti meminta sumbangan kampanye sebagai imbalan atas bantuan pemerintah.

Namun tuduhan terakhir adalah yang paling mengejutkan. Tuntutan pidana menjelaskan dengan sangat terperinci, yang tidak dapat dihindarkan, yakni menjual kursi kosong di senat AS yang ditinggalkan Barrack Obama setelah memenangkan pemilihan presiden pada 2008.

Gubernur yang dipermalukan itu dituduh berusaha menjual kursi Barack Obama di Senat dengan sangat kasar. Blagojevich ditangkap, melalui penyadapan, mengatakan pengisian kursi senat “adalah hal yang yang berharga, tidak akan memberikannya secara gratis."
 
Tindakan kriminal Blagojevich menggambarkan serangkaian percakapan di mana gubernur dan asisten utamanya menggambarkan cara-cara untuk memperdagangkan kursi senat untuk pengangkatan kabinet, pekerjaan bergaji baik, atau kursi ruang rapat perusahaan untuk istrinya.

Bukti penyadapan FBI terbukti menentukan. Dalam rekaman yang paling terkenal, Blagojevich terdengar berkokok bahwa kesempatannya untuk menunjuk seseorang ke kursi Obama adalah "Saya ingin menghasilkan uang." 

Butuh dua persidangan bagi jaksa penuntut untuk menjerat Blagojevich dengan tuduhan menyapu bersih korupsi. Juri di pengadilan ulang menghukumnya atas 17 dari 20 tuduhan, termasuk suap dan upaya pemerasan.

Inti dari serie Blago dari Trial Media adalah betapa kacaunya rangkaian upaya Blago ingin menarik perhatian media AS untuk mendukung dirinya sehingga ia bisa terlepas dari hukuman berat. Media sendiri banyak yang terjeremban pada info sensasional tanpa menonjolkan subtansi perkara.

Namun pada akhirnya sensasi murahan Blago menjadi senjata yang menyerang balik dirinya.

Hakim James Zagel bersikeras bahwa kejahatan Blagoyevich melampaui uang untuk masalah dasar dan penting, kepercayaan publik dan akuntabilitas. Majelis Hakim memvonis hukuman berat karena mantan gubernur 'merobek-robek' Illinois dan jalinan negara dalam mencoba menjual kursi Senat.

Blago dinilai telah bertindak memalukan dengan mencoba mengamankan pekerjaan bergaji tinggi atau dana kampanye melalui kekuasaannya untuk menunjuk seseorang ke kursi senat kosong Barack Obama. Kegiatan kriminal terdakwa merusak proses pengambilan keputusan Illinois. Kegiatan kriminalnya semakin mengikis kepercayaan publik terhadap pemerintah dan pejabat pemerintah."

Pengacara AS Patrick Fitzgerald mengatakan tindakan Blago membuat Lincoln berguling di kuburnya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naik Kereta Api Surabaya ke Jogja

Mencermati Teori Werner Menski: Triangular Concept of Legal Pluralism

Perjalanan Seru dari Makassar ke Jogja