Makassar Adalah Jangkar Mengekspresikan Cinta


Sejak lahir saya tinggal di kota. Maka saya tak pernah membayangkan bisa hidup selain di kota. Walaupun seringkali kehidupan metropolitan digambarkan sangat keras dan kejam.

Sebuah kota bagi saya bukanlah tentang bangunan, tidak soal mal, bukan hotel, dan tidak pula mengenai gedung perkantoran. Kota adalah tentang manusia, tempat kita mengekspresikan cinta. 

Ukuran kemajuan kota bukan dilihat dari tingkat ekonomi dan infrastruktur, melainkan dari seberapa bahagia masyarakatnya. Jika masyarakat bahagia maka akan menumbuhkan sikap positif dan dapat mengembangkan diri secara baik.

Ahli perkotaan dari Jerman, Charles Landry mengatakan kota harus menjadi jangkar, seperti rumah yang memberi rasa stabil, ada tradisi yang dijaga dan berbeda satu sama lain. 

Kota harus memiliki tujuan jelas akan menuju ke mana dan menjadi apa. Dengan kata lain harus memberi stimulasi, kegairahan, memiliki privasi tapi terkoneksi dengan mudah dengan dunia luar. Tantangannya adalah menciptakan kota yang seimbang.

Kota dikatakan nyaman dan seimbang paling tidak jika memenuhi kebutuhan dasar, fasilitas publik, ruang terbuka, keamanan, keterhubungan secara sosial, kualitas arsitektur baik, lingkungan hijau, akses terhadap alam, kondisi bisnis, dan pengembangan kebijakan pro aktif.

Persepsi dan teori di atas barangkali sangat ideal, dan barangkali juga tak ada satu pun kota di dunia ini yang memenuhi sempurna seluruh indikator kota bahagia sehingga membuat tempat tersebut layaknya surga terindah. Tetap saja, setiap kota akan selalu memiliki masalah kompleks.

****

Saya mengangkat masalah kota dan permasalahannya ini didasari konteks faktual yang sedang melanda kota yang saya huni, Makassar. 

Benarkah Makassar saat ini merupakan kota yang tidak aman dan mencekam? Pertanyaan yang banyak diajukan ini tentu melahirkan interpretasi yang berbeda.

Namun faktanya, di Makassar, kasus kriminal tiap hari terjadi, mulai dari perampasan, perampokan, pembacokan, pemerkosaan bahkan sampai pembunuhan. 

Juga yang membuat miris setelah korban terus berjatuhan adalah respon dingin dari pihak kepolisian dan pemimpin kota. Sungguh suatu kemunduran peradaban masyarakat Makassar. 

Makassar harus aman. 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naik Kereta Api Surabaya ke Jogja

Mencermati Teori Werner Menski: Triangular Concept of Legal Pluralism

Perjalanan Seru dari Makassar ke Jogja