Si Anak Mami Magnus Carslen Juara Dunia Catur

Dunia olahraga akan selalu melahirkan juara baru.

Sebutlah nama Magnus Carslen. Pecatur asal Norwegia ini adalah juara dunia catur klasik sejak 2013, saat masih remaja. Carslen meraihnya dengan cara sensasional: menumbangkan dominasi juara dunia bertahan selama 12 tahun, pecatur maestro asal India, Viswanatahn Anand.

Duel Anand-Carslen di kampung Anand, di Chennai, India pada 2013 adalah dwitarung penuh sejarah dan prestius. Dua pecatur yang sangat kontras dari aspek apa pun, seperti berbeda generasi, gaya bermain, maupun sikap dan gestur keduanya saat bertanding sangat menarik disimak para penggemar dan media. Saya masih ingat saat itu saya dilanda demam catur untuk terus berjam-jam memelototi layar laptop secara live games. 

Duel Anand dan Carslen ini gaungnya dapat mengimbangi duel catur terbesar yang pernah ada dalam sejarah, yakni pertarungan catur terakbar pada 1972 antara Bobby Fischer (AS) dan  Boris Spassky (Uni Soviet). Di mana kedua negara sedang berkonfrontasi di Reykjavík, Islandia. Atau penggemar catur mengenang seru dan sengitnya duel besar tak terlupakan sesama dua jenius Rusia: Garry Kasparov versus Anatoly Karpov, pada 1985.

The World Chess Championship 2013 rencananya berlangsung dalam 12 babak. Namun setelah game ke-10 duel ini dinyatakan selesai dengan skor telak: 6,5 – 3,5. Hebatnya Carslen, bahwa Anand tak sekalipun sanggup merobohkan raja yang Carlsen mainkan. Sebaliknya tiga kemenangan termasuk dua streak (babak ke-5 dan ke-6) diraih remaja pirang atas "Si Macan Madras". Tujuh babak lagi yang sempat dimainkan berakhir remis.

****

Seperti sudah mengantisipasinya, sebelum duel tersebut, majalah Time mengulas tuntas seorang Magnus Carslen dari anak lima tahun bertransformasi menjadi pecatur paling jenius, plus memajang foto-foto Carslen sejak balita hingga anak muda sekarang. Termasuk menampilkan wajah tampan dengan six-pack-nya berfoto dengan selebritis perempuan berparas sangat cantik, Liv Tyler.

Sejak kecil Carslen sudah terobesesi dengan catur, bahkan cenderung gila. Manusia-manusia jenius dapat lahir di mana saja, tetapi asal-usul bakat Carlsen sangat misterius. Ayahnya seorang insinyur yang sudah kehabisan cara untuk menyuruh anaknya fokus bersekolah saja. Norwegia nyaris tidak punya sejarah sukses dalam percaturan. Terus kenapa dia menjelma sedemikian hebat seperti ini?

Carslen menobatkan dirinya sebagai Grand Master (GM) pada 2004 saat usia 13 tahun—ketiga termuda dalam sejarah. Beberapa tahun berselang secara resmi menjadi pecatur nomor satu. “Anak mami” yang menjadi superstar dan simbol sex dari Skandanavia.

Satu fakta bahwa Carslen memiliki kecerdasan di batas normal. Carlsen bergabung ke elite catur di masa persaingan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia adalah salah satu generasi pecatur yang belajar permainan dari komputer. Seperti kita harus terima, program catur yang jenius sekarang, secara reguler mengalahkan pesaing terbaik dari otak seorang manusia.

Tapi Kasparov, legenda hidup catur, sekaligus sempat menjadi mentor Carslen--dan sekarang mengejar karir politik, mengatakan penguasaan Carlsen berakar pada intuisi alami yang mendalam.

Perangkat komputer tidak dapat mengajarkan ini. Menurut Kasparov, Carlsen memiliki bakat untuk merasakan energi potensial di setiap langkah melebihi siapa saja, termasuk dirinya sendiri.

Dunia segera menyambut juara dunia baru catur yang berbeda dari pecatur nomor wahid sebelum-sebelumnya yang senantiasa menjaga citra, baik lewat pakaian formil maupun tingkah laku sesempurna mungkin. 

Carslen bertanding catur seperti anak-anak polos bermain. Dia sering gelisah, menoleh tak beraturan, menguap, menyingkap kaki, sampai meninggalkan sejenak kursinya untuk berleha-leha. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naik Kereta Api Surabaya ke Jogja

Mencermati Teori Werner Menski: Triangular Concept of Legal Pluralism

Perjalanan Seru dari Makassar ke Jogja