Bola Klasik: Semifinal Piala Eropa 2000 Belanda vs Italia

Semifinal Euro 2000, Amsterdam, Belanda.

Belanda ditantang Italia untuk memperebutkan satu tiket final Euro 2000. Belanda sebagai tuan rumah melaju ke babak semifinal dengan meraih empat kemenangan secara meyakinkan dengan penampilan agresif yang menghibur. Sedangkan Italia berhasil maju semifinal berkat aksi yang sebenarnya biasa-biasa saja. Italia kali ini sama sekali tidak diunggulkan dan diprediksi bakal angkat koper besok pagi.

Pada menit ke-20, Italia sudah harus bermain 10 orang melawan pasukan pelatih Frank Rijkard yang didukung 50.000 suporter yang "mengorangekan" Amsterdam Arena. 90 menit waktu normal Belanda menggempur habis-habisan pertahanan gerendel Italia yang dikomando kapten legendaris Paolo Maldini, Il Bandiera. Saya juga heran tak satupun bola yang berkenan masuk ke gawang Italia yang dikawal Francesco Toldo, sekalipun mendapat tendangan penalti.

Extra time saya kira cukup menamatkan perlawanan Italia. Dan ternyata keliru juga, meski terus mengepung dan kembali mendapatkan hadiah tendangan penalti, jala Toldo tetap tak terkoyak, seperti ada malaikat kecil yang menjaganya. Skor tetap 0-0.

Pada akhirnya inilah hukuman buat Belanda yang banyak menyia-nyiakan peluang. Mereka kalah secara menyakitkan melalui drama adu penalti yang memang sangat dinantikan oleh kubu Gli Azzury

Dari empat algojo Belanda hanya Patrick Kluivert yang berhasil menembus gawang, bahkan tendangan bek Japp Stam melambung tinggi sampai keluar stadion. Orang Belanda berkomentar bola tersebut sampai ke Rotterdam, venue partai final. Sedangkan sontekan chip penalti Francesco Totti ala Panenka ke gawang Edwin Van Der Saar begitu indah dan mematikan.

Italia merebut tiket final berhadapan dengan Perancis di Stadion De Kuip Rotterdam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naik Kereta Api Surabaya ke Jogja

Mencermati Teori Werner Menski: Triangular Concept of Legal Pluralism

Perjalanan Seru dari Makassar ke Jogja