Sinopsis Gie, Aktivis Kampus

Menurut saya, Gie (2005) adalah satu film dengan sinematografi terbaik Indonesia yang pernah diproduksi sepanjang sejarah. 

Duo sutradara-produser, Riri Riza dan Mira Lesmana tampak sangat niat membesut Gie. Film ini memerlukan riset-riset yang panjang, perizinan belit birokrasi, dan sulitnya menciptakan setting atmosfer pada era 1960-an, periode suram perpolitikan Indonesia.

Diangkat dari buku berjudul Catatan Seorang Demonstran karangan Gie sendiri, mengisahkan seorang tokoh bernama Soe Hok Gie (diperankan Nicholas Saputra), mahasiswa UI yang dikenal sebagai aktivis dan pecinta alam.

Semangat berjuang, setia kawan, dan hatinya yang dipenuhi kepedulian akan orang lain, membentuk dirinya menjadi pribadi yang tidak toleran terhadap ketidakadilan, dan bercita-cita Indonesia yang didasari oleh keadilan dan kebenaran.

Mahasiswa keturunan ini adalah seorang pemberontak. "Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan." Itu adalah prinsip hidup yang dia pertahankan sampai menemui ajal di Gunung Semeru dalam usia 27.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naik Kereta Api Surabaya ke Jogja

Mencermati Teori Werner Menski: Triangular Concept of Legal Pluralism

Perjalanan Seru dari Makassar ke Jogja